Senin, 19 Juli 2010

Masalah Ekonomi

Indikator :
• Mengindentifikasikan barang apa, bagaimana cara memproduksi dan untuk siapa barang tersebut diproduksi

Telah disebutkan bahwa inti masalah ekonomi adalah bagaimana manusia dapat memenuhi kebutuhannya yang tidak terbatas dengan sumber daya yang terbatas, hal ini dialami oleh semua manusia , baik dalam lingkup negara maju dan berkembang


Ilmu ekonomi menurut Paul A. Samuelson, 2002)

Studi mengenai bagaimana orang-orang dan masyarakat membuat pilihan dengan atau tanpa uang dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dalam berbagai cara untuk menghasilkan berbagai jenis barang dan jasa, kemudian mendistribusikannya untuk keperluan konsumsi untuk masa kini dan masa yang akan datang.

Ilmu ekonomi digunakan untuk menganalisis biaya dan keuntungan serta memperbaiki corak penggunaan sumber daya

C. Masalah ekonomi menurut ekonomi klasik :
Bahwa masalah pokok ekonomi adalah produksi, distribusi dan konsumsi. Ketiga aspek ini harus dikelola dengan baik agar tercipta hasil yang maksimal

Pada prinsipnya antara ekonomi klasik dan modern adalah sama, hanya penekanannya saja yang berbeda.

D. Masalah ekonomi menurut ekonomi modern :
1. Apa dan berapa yang akan diproduksi? (What product and how many to produce?)

Apakah akan memproduksi pangan, sandang hasil industri dan berapa jumlahnya dan bagaimana kombinasinya. Tidak hanya menentukan jenis barang tapi juga alasan mengapa memproduksi barang tersebut yang juga harus dijawab. Pertimbangan dana, kepentingan orang lain juga harus dijadikan pertimbangan. Sumber daya perkonomian jumlahnya terbatas sehingga tidak ada perekonomian yang dapat memproduksi sebanyak yang diinginkan oleh seluruh anggota masyarakatnya.. semakin banyak memproduksi barang yang satu , semakin sedikit memproduksi barang lainnya

2. Bagaimana cara memproduksi barang tersebut ?
Masalah ini adalah masalah teknologi atau metode produksi. Berapa jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan? Jenis mesin apa yang digunakan, bahan apa yang digunakan dll.
Produksi dengan teknologi padat karya akan banyak menggunakan tenaga menusia, kalau teknologi padat modal diperoleh dari mana modalnya?

3. Untuk siapa diproduksi ?
Siapa yang memerlukan barang tersebut dan siapa yang menikmati hasilnya

Ilustrasi masalah ekonomi

Nomi dan keluarganya sedang mengalami kesulitan ekonomi, Nomi memutuskan unutk membantu keuangan keluarganya dengan berjualan makanan disekitar rumah dan sekolahnya, selanjutnya ia mulai menganalisis pertanyaan, pertanyaan ini :

1. Makanan apa yang harus ia buat, karena waktunya sempit dan sumber modalnya terbatas ia memutuskan untuk hanya membuat gorengan seperti Ubi, singkong, tape dan pisang.masing-masing 10 buah.
2. Bagaimana cara membuatnya ? siapa yang akan membantu?
Ia membagi tugas dengan keluarganya, ayah dan ibu membeli bahan kepasar, Nomi dan adiknya membuat gorengan
3. siapa orang yang akan mengkonsumsi gorengan itu?
Nomi berharap gorengan itu bisa dikonsumsi oleh orang-orang yang mencari sarapan pagi dan dikantin sekolah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar